Halaman

Rabu, 13 Desember 2017

CARA INSTAL ULANG LAPTOP YANG TERKENA VIRUS

Pada postingan pertama ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagai mana menginstal laptop yang eror atau terkena virus. Sebenarnya postingan ini sudah pernah saya publikasikan pada blog saya yang sebelumnya (mrhezafahlevi.wordpress.com).
Pengalaman ini sangat berharga bagi saya walau harus mengorbankan laptop saya sebagai tumbal nya karena sering gonta ganti OS dan pengalaman ini juga saya dapat dengan browsing maupun terjun lapangan langsung dengan coba-coba dan ternyata berhasil :).
Baik, jika laptop anda mengalami masalah yang tidak bisa di selesaikan secara baik-baik namun laptop dalam keadaan hidup atau bisa nyala,maka solusi terakhir yang saya sarankan adalah INSTAL ULANG laptop anda.
Namun sebelum anda menginstal ulang laptop anda, mungkin ada baik nya semua data yang ada di drive C dipindahkan terlebih dahulu. (kalo masih bisa booting sempurna, langkah ini gak perlu), anda bisa coba selamatkan data yang ada di drive C dengan cara berikut :
1. pastikan baterai laptop penuh atau terhubung ke listrik langsung
2. nyalakan laptop anda kemudian tekan F8 atau F12 atau (tergantung merk laptop) hingga muncul tulisan SAFE MODE atau SAFE MODE WITH NETWORKING.
3. lalu tekan panah ke bawah di laptop anda dan arahkan ke tulisan tersebut (yang penting ada tulisan SAFE MODE nya) kemudian ENTER
4. tunggu beberapa menit dan jika berhasil maka laptop anda akan bisa booting ke dalam windows dan anda pun bisa memindahkan data di drive C anda ke drive lainnya (D: atau E: dll).
*note : data yang di pindah adalah data yang ada di my document seperti jenis word,excel dan apapun yang ada di dalam folder my document,bukan yang lainnya (bukan yang di dalam folder program files,windows,dll)
tampilan pada SAFE MODE ini memang agak berbeda dari tampilan windows aslinya namun tidak masalah karena yang kita perlukan adalah akses ke drive C: kita,bukan tampilannya.ya kan :D.
Jika sudah selesai di pindahkan, maka restart laptop anda dan bersiap untuk mengINSTAL ULANG laptop anda :D.cara nya gampang sekali.ikuti uraian sebagai berikut :
1. siapkan kepingan CD/DVD installer windows (mau asli mau bajakan terserah anda)
2. nyalakan laptop lalu masukan CD/DVD installer windows ke dalam DVD RW laptop anda.
3. di sini bisa terjadi 2 kasus :
a. jika anda bernasib baik,maka setelah di masukan CD/DVD tadi beberapa saat akan muncul tulisan di pojok kiri atas yang menyuruh anda agar menekan tombol apapun dan anda segera tekan tombol apapun (biasanya enter) dan anda langsung bisa bikin kopi atau masak mie sambil menunggu. oh ya,selama instal ulang anda akan di minta mengisi beberapa kolom seperti bahasa,zona waktu,dll ( bawa kamus biar gampang terjemahin kalo gak paham bahasa inggris). tunggu hingga proses instalasi selesai (nanti laptop anda akan restart sendirinya dan biarkan saja).
b. jika yang anda alami tidak seperti di atas,maka anda perlu lakukan beberapa hal : setelah anda hidupkan laptop, segera tekan F12 (biasanya, tergantung merk laptop juga) kemudian akan muncul jendela dengan background biru (maklum bukan anak IT,jadi bahasa nya ya bahasa alami seperti apa yang saya lihat hehehe ) kalo gak salah di sebut nya BIOS atau apa gitu,saya juga tidak begitu menguasai lalu anda tekan panah ke kanan sampai di menu booting,pas sudah di menu booting anda tekan panah ke bawah dan cari tulisan yang kurang lebih artinya “AKTIFKAN PILIHAN BOOTING” lalu anda enter dan pilih enable. jika sudah anda tekan ke kanan lagi sampai menu paling ujung kemudian tekan ke bawah dan pilih QUIT AND SAVE kira-kira begitu kalimatnya. dan terakhir setelah laptop anda me restar maka akan ada pilihan untuk kita melakukan booting.kalau tidak salah akan ada 3 pilihan dan anda pilih yang ada tulisan “DVD RW” nya lalu anda enter. setelah itu akan muncul tulisan seperti pada kasus a dan tekan enter. Laptop Anda Akan terinstal ulang ðŸ˜€
demikian pengalaman yang pernah saya alami semoga bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki kasus yang sama dengan yang pernah saya alami. Tengkyu dan berbuat baik lah setiap detik :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar